Wednesday, December 26, 2012

Pentingnya Blog bagi Sebuah Perusahaan

Banyak yang mengira bahwa memiliki sebuah blog di website perusahaan mereka merupakan tambahan yang tidak perlu, sesuatu yang tidak layak untuk mendapatkan luangan waktu dan sumber daya tambahan.
Pada kenyataannya, memiliki sebuah blog dan mempertahankan hal itu sama pentingnya dengan mencetak brosur dan membuat katalog untuk klien penting. Memudahkan mereka untuk mengakses dan membaca informasi tentang produk dan jasa Anda. Di sini saya coba jelaskan beberapa alasan utama mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai blog.

Menunjukan bahwa Perushaan Anda Memang Ahlinya

Bidang apa yang dikelola oleh perusahaan Anda ?. Teknologi informasi ?, manufaktur ?, jasa ?, atau pabrikasi ?. Saya pastikan bahwa dalam bidang apapun perusahaan Anda bergerak, blog harus tetap ada.
Blog adalah sesuatu yang dinamis, berbeda dengan website profil yang biasanya cenderung statis, dimana calon klien tidak lebih hanya diberi kesempatan untuk melihat profil Anda seadanya, tidak ada asfek psikologi tentang bagaimana cara Anda melakukan interaksi dengan calon klien sebelum yang melihat itu melakukan komunikasi langsung dengan Anda.
Saya coba ambil contoh. Perusahaan Anda bergerak dalam pengolahan susu, dari kondisi mentah sampai menjadi hasil olahan di dalam kemasan.
Salah satu alasan orang mau mengkonsumsi susu adalah faktor kesehatan. Mereka meyakini bahwa susu dapat menyehatkan. Meski demikian, masyarakat cenderung tidak akan percaya begitu saja terhadap kualitas susu olahan perusahaan Anda. Sebagian dari mereka ingin tahu manfaat lebih jauh dari susu, khususunya susu yang akan mereka konsumsi, yaitu susu produksi perusahaan Anda.
Melalui media blog, Anda dapat menunjukan bahwa perusahaan Anda memang ahlinya dalam pengolahan susu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Buatlah tulisan-tulisan yang berkaitan dengan susu. Ini tidak hanya mencerdaskan masyarakat tentang betapa pentingnya susu, tapi juga memberikan mereka gairah untuk mau minum susu.
Dengan sedikit strategi viral, Anda dapat menyugesti para pembaca blog Anda bahwa susu yang paling tepat diminum adalah susu produksi perusahaan Anda.
Jangan lupa, bahwa di blog ada kolom komentar. Ada kemungkinan Anda akan dihadapkan dengan berbagai komentar yang berbagai macam, terutama pertanyaan. Itu tidak boleh diabaikan, Anda harus telaten untuk menjawabnya sehingga bisa menjadi alasan mereka untuk kembali mengunjungi blog perusahaan Anda. Semakin puas jawaban yang diberikan, mereka akan semakin tertarik dan yakin bahwa perusahaan Anda memang ahli di bidangnya.

Positif untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Semakin konstan blog perushaan Anda dengan konten yang segar dan relevan di bidang usaha Anda, semakin baik untuk optimasi mesin pencari, atau yang biasa dikenal dengan istilah search engine optimisation (SEO). Selama Anda menjaga konten yang berkualitas tinggi dan menggunakan kata kunci yang tepat, blog Anda adalah cara yang bagus untuk membantu Anda meningkatkan peringkat dan bahkan mendapatkan pertukaran link dengan perusahaan terkait lainnya.
Ini adalah salah satu (contoh) strategi yang sekarang mulai populer dimainkan oleh perusahaan-perusahaan hosting. Di blog mereka, mereka menulis berbagai tips dan trik tentang pembuatan website. Selain untuk menunjukan bahwa mereka memang ahlinya (sebagaimana diuraikan di atas), ini juga memberi pengaruh terhadi optimasi situs (profil) perusahaan mereka di mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu, dan sebagainya) ketika orang mencari dengan kata kunci “Hosting”.
Situs-situ mesin pencari tidak boleh Anda abaikan. Masyarakat sekarang mulai memiliki kecenderungan melemparkan semua pertanyaan ke situs mesin pencari, tidak terkecuali untuh sebuah produk.

Memaksimalkan Peran Jejaring Sosial

Perusahaan Anda memiliki akun Facebook atau Twitter ?, banyak teman dan pengikutnya ?. Kalau iya, sangat disayangkan jika malah tidak punya blog.
Banyak yang membuat Facebook atau akun Twitter untuk perusahaan mereka dan tidak yakin apa yang harus dilakukan sehingga mereka akhirnya tweeting hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan produk mereka. Di sini blog bisa masuk ambil peran dengan menulis posting menarik kemudian menyebarkan link-nya di Facebook dan Twitter. Anda mulai dapat mengarahkan percakapan dengan para pemangku kepentingan yang paling penting, yaitu pelanggan Anda.

Cara Sederhana Membuat Konsumen Tahu Promosi Terbaru

Ketika trafik semakin meningkat dan rangkingnya semakin bagus, blog menjadi salah satu faktor termudah untuk memangkas biaya promosi. Blog adalah platform yang besar untuk mempublikasikan setiap promosi atau penawaran mendatang untuk produk yang akan Anda pasarkan.
Ini juga merupakan tempat di mana Anda dapat menampilkan produk-produk atau layanan baru dan menjelaskan bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi klien atau konsumen produk Anda.

Cari Tahu Apa yang Diinginkan

Blog adalah cara yang fantastis untuk mencari tahu apa yang pelanggan Anda pikirkan. Anda melakukan survey atau quisioner kekepada publik untuk mengetahui apa yang mereka inginkan. Ini tanpa biaya tambahan. Atau Anda juga bisa menangkap langsung setiap komentar dari mereka dengan menyediakan halaman “Contact Us“.
Orang-orang akan cenderung lebih santai dan nyaman untuk mengomentari blog dan bisa jadi Anda hanya akan menerima umpan balik tentang beberapa hal yang sebelumnya Anda benar-benar tidak tahu apa pandangan pelanggan Anda.
Blog bagi sebuah perusahaan sangat penting. Ia bukan sekedar “suplemen sehat” untuk situs profil perusahaan Anda dengan alasan SEO, tetapi juga membantu untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Semoga daftar alasan mengapa blog perushaan begitu penting ini bisa menginspirasi, menambah wawasan, dan meyakinkan perusahaan-perushaan di Indonesia (khususunya Usaha Kecil dan Menengah) untuk melakukan ekspansi ke ranah online, khusunys blog.

Sumber : http://rosid.net/pentingnya-blog-bagi-sebuah-perusahaan/


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment