Monday, December 3, 2012

7 Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis

Menjadi entrepreneur saat ini jadi impian banyak orang. Entrepreneur akan mengalami berbagai pengalaman menarik, tapi juga harus siap menghadapi berbagai permasalahan. Untuk menjadi entrepreneur yang baik, berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis:

1. Kembangkan ide untuk produk atau layanan yang sifatnya praktis, dapat menarik minat banyak orang, meningkatkan kualitas hidup konsumen, serta konsisten dengan prinsip-prinsip etika bisnis. Pastikan juga bisnis yang Anda mulai ini sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, sehingga Anda akan selalu merasa bersemangat setiap kali bekerja.

2. Buat perencanaan mendetail untuk setiap ide bisnis Anda seandainya ingin dipresentasikan kepada penanam modal potensial. Tapi seandainya pun modal bisnis milik Anda sendiri, Anda tetap harus punya perencanaan matang sebelum terjun ke bidang tersebut.

3. Selalu jaga hubungan baik, tidak hanya kepada konsumen, tapi juga kepada para pegawai serta para pemasok. Tunjukkan sikap saling menghormati untuk kelancaran bisnis Anda ke depannya.

4. Jalin hubungan kerja dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Misalnya, Anda ingin membuka sebuah butik, Anda juga sebaiknya punya kenalan di bidang media, seperti majalah, yang bisa jadi sarana promosi.

5. Simpan semua data seputar pemasukan dan pengeluaran Anda, sehingga nantinya Anda bisa menghitung secara pasti berapa laba atau rugi yang Anda terima.

6. Hanya berutang jika Anda bisa membayarnya. Sebagai seorang pengusaha yang bertanggung jawab, Anda harus bisa mengembalikan utang tepat pada waktunya.

7. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai siapa pasar market Anda. (ehow/as)

Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis.html


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment