Thursday, December 20, 2012

Menggairahkan Semangat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa

Semakin banyaknya lulusan sarjana yang menganggur adalah buah tidak adanya semangat dan gairah enterpreneur dalam diri mahasiswa. Adanya mindset mencari kerja setelah lulus kuliah harus dirubah dengan mental berwirausaha. Hal ini harus dilakukan sejak dini, tidak harus menunggu lulus dan memperoleh gelar sarjana. Untuk menumbuhkan mental entrepreneur di kalangan mahasiswa memang tidak mudah. Selama ini mahasiswa banyak yang sudah terbiasa mendapat dukungan dari orang tua baik secara financial maupun berbagai fasilias yang membuat mahasiswa tidak mandiri dan cenderung komsumtif.


Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk berwirausaha. Taufiq Qurrahman direktur PT.Tata Neon.Adv mengatakan, Dengan berwirausaha mahasiswa dilatih untuk membangun mental dan lebih menjadi kompetitif. “ Dengan jiwa entrepreneur kelak mahasiswa menjadi lebih matang, mampu mengatasi masalah yang dihadapi dan lebih mandiri,” Ujar Taufiq.

Wirausahawan Advertising ini juga mengatakan entrepreneur bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa yang ingin masuk kedalam dunia bisnis. Karna menjadi seorang entrepreneur mahasiswa akan lebih bisa berkompetensi dengan yang lain terutama saat menyelesaikan kuliah nanti. Selain itu mahasiswa juga dapat mengekspresikan diri dan mengembangkaan bakatnya dengan memilih usaha yang diminati. Dengan memulai usaha sejak dini, mahasiswa akan mendapat manfaaat bukan hanya secara material tetapi juga pengalaman yang kelak bisa diaplikasikan nanti, disamping itu, dengan membuka sebuah usaha maka mahasiswa telah membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. “ mahasiswa yang notabenenya kaum intelektual harus memiliki andil untuk meminimalkan banyaknya angka pengangguran dewasa ini,” papar dia.

Perkembangaan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini membuka banyak peluang buat mahaiswa untuk berwirausaha. Namun tentu saja hal ini membutuhkan tenaga, pikiran, dan waktu yang tidak sedikit padahal untuk menghasilkan usaha yang bisa mendatangkan keuntungan membutuhkan kerja keras agar bisa survive. Salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha adalah focus kepada tujuan yang ingin dicapai. Untuk mengelola sebuah usaha tidak mudah, apalagi di era persaingan ketat sekarang, sebuah usaha yang tidak dikelola dengan manajemen yang baik akan mudah tersingkir, justru sebaliknya jika usaha dilakukan dengan konsep mengelola yang baik, dilakukan dengan tekun, serta tidak mudah menyerah akan bertahan.

Sementara itu menurut M Arif Budiman S.Sn bahwa entrepreneur adalah membangun jiwa mandiri, melihat tantangan sebagai peluang, yang berprinsip dari pada menjadi ekor naga lebih baik jadi kepala naga. Mahasiwa yang sudah berwirausaha sejak kuliah akan terbiasa menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks, walaupun sebenarnya tidak harus mengorbankan kuliah dan lebih mementingkan bisnis semata. Mahasiswa bisa memulai wirausaha sesuai dengan minat dan kapasitasnya. Selain itu menjadi seorang wirausahawan akan menumbuhkan sikap tahan banting dan tidak mudah menyerah saat menghadapi tantangan dilapangan kelak.

Managing Director PT. Petakumpet Creative Network ini sendiri adalah seorang wirausahawan ulung yang sudah memulai usaha sejak kuliah. “Jangan takut mengambil resiko, sekalian yang besar. Agar otot keberanian kita terlatih. Gagal itu adalah ongkos untuk sukses” . Memang dalam berwirausaha tidak boleh setengah-setengah, harus fokus agar apa yang udah dirintis sejak awal bisa memjaadi sebuah usaha yang mampu menghasilkan profit. Mental wirausaha dan kemandirian sangat penting bagi siapapun terutama kepada inividu yang ingin memiliki usaha sendiri.

Harus percaya diri
“Menjadi mahasiswa enterpreneur perlu kemandirian, inofativ, kreatif, dan percaya diri”. Demikian papar Acep helmi selaku Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia(IMIKI). Mahasiwa harus cerdas dalam mencari peluang usaha berani melangkah, serta tidak harus terpaku pada untuk rutinitas kuliah saja seperti mendengarkan kuliah dari dosen. Banyak ilmu yang bisa didapat diluar bangku kuliah, salah satunya dengan memulai berwirausaha karena menjadi seorang wirausahawan mahasiswa akan mempunyai gambaran yang jelas tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Keuntungan lainya bagi yang sudah punya usaha sendiri akan lebih percaya diri, karna bekal yag didapt langsung akan menjadi aset yang berharga terutama saat selesai kuliah nanti sehingga tidak perlu mencari kerja kesana kemari karna sudah mempunya usaha yang bisa dikembangkan.

Sementara itu menurut Ir Heppy Trenggono selama ini banyak orang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan membutuhkan modal yang banyak. Padahal CEO PT Bali Muda ini justru mengatakan kalau modal bukan termasuk resep sukses tetapi dengan niat yang kuat, kesabaran serta adanya keinginan untuk belajar merupakan modal yang sangat penting dalam memulai sebuah usaha. “untuk memulai sebuah usaha bisa dilakukan dari hal yang kecil sesuai dengan kompetensi yang dikuasai” ujarnya.

Ditulis oleh Rustam pada link berikut.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment