Wednesday, December 26, 2012

Kisah Pengusaha Sukses Chairul Tanjung

Kisah Pengusaha SuksesChairul lahir di Jakarta di lingkungan keluarga yang biasa saja. Ayahnya A.G. Tanjung merupakan wartawan zaman orde lama pada sebuah surat kabar kecil. Chairul juga berada dalam keluarga bersama 6 saudara yang lain. Saat tiba di zaman Orde Baru, usaha ayahnya dipaksa tutup dikarenakan tulisannya yang dianggap berbahaya dan berseberangan dalam hal politik dengan penguasa pada saat masa itu. Kondisi pada masa itu memaksa orangtuanya menjual rumah dan berpindah tinggal di kamar losmen yang sempit.
Kisah pengusaha sukses ini setalah selesai dari SMA Boedi Oetomo di tahun 1981, Chairul melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia (fakultas kedokteran gigi). Saat kuliah Ia dikenal sebagai mahasiswa yang sangat baik hal ini terbukti saat ia memperoleh penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional periode tahun 1984-1985.

Jiwa pengusahanya mulai muncul dalam diri Chairul saat masih menjadi Mahasiswa, dalam membiayai kuliahnya yang cukup besar dia berjualan buku kuliah stensilan dan juga kaos. Selain itu ia juga pernah membuka usaha foto kopi di area kampus. Chairul tanjung juga pernah membangun sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen Raya, Jakarta Pusat, tetapi usahanya ini tak dapat berhasil.

Kisahnya berlanjut setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, Chairul dan tiga rekannya membangun PT Pariarti Shindutama pada tahun 1987. Dengan modal awal Rp 150 juta dari Bank Exim, (PT Pariarti Shindutama merupakan perusahaan yang kegiatannya memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor). Berkat Kerja keras yang luar biasa perusahaan tersebut memeperoleh pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Namun demikian, karena ada masalah internal dalam perusahaan (perbedaan visi tentang ekspansi usaha), Chairul pun memilih intuk pisah dan mendirikan usaha sendiri.

Kisah pengusaha yang sekarang sudah sukses ini sangatlah piawai dalam membangun jaringan dan berorganisasi. Inilah yang membuat perkembangan bisnisnya semakin pesat. Setelah keluar dari PT Pariarti Shindutama Chairul mereposisikan dirinya ke 3 bisnis inti: yaitu keuangan, properti, dan multimedia.

Lalu ia pun membangun sebuah group perusahaan dengan nama Para Group. Perusahaan Konglomerasi ini memiliki Para Inti Holdindo sebagai fatherholding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo(media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).

Chairul Tanjung berpendapat bahwa di dalam membangun sebuah bisnis, mengembangkan jaringan (network) adalah sangat penting. Mempunyai rekanan (partner) dengan baik diperlukan. Membangun relasi pun bukan hanya kepada perusahaan yang sudah memiliki nama saja, tapi juga pada perusahaan yang belum terkenal sekalipun. Ia berpendapat bahwa, pertemanan yang baik akan membantu proses berkembang bisnis yang dijalankan. Ketika bisnis pada kondisi tidak bagus (baca: sepi pelanggan) maka jejaring bisa diandalkan. Baginya, bahkan berteman dengan petugas pengantar surat pun adalah penting.

Sumber : http://rumahanbisnis.com/kisah-pengusaha-sukses-chairul-tanjung.asp


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment