Friday, November 23, 2012

Dubes: Ini Peluang Bisnis ke Eropa

Brussel - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat melakukan investasi di beberapa pelabuhan di Eropa untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi rantai pasokan produk-produk Indonesia dalam memasuki pasar Uni Eropa.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno dalam sambutannya pada acara Roadshow on Indonesia Integrated di Yogyakarta baru-baru ini.

"Peluang lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia antara lain skema kerjasama spin- off projects yang ditawarkan oleh sebuah pusat penelitian di Belgia," demikian Dubes dalam keterangan pers kepada detikfinance, Kamis (22/11/2012).

Roadshow on Indonesia Integrated tersebut hasil kerjasama KBRI Brussel dengan Kementerian BUMN dan Indonesia Integrated, yakni jaringan eksekutif dan profesional Indonesia yang bekerja di berbagai perusahaan di Eropa.

Acara yang digelar di Yogyakarta (12/11/2012) itu dimaksudkan sebagai upaya diseminasi dan link-and-match antara Indonesia Integrated dan para pemangku kepentingan di Indonesia untuk menjajaki kemungkinan kerjasama di berbagai bidang.

Pada acara dalam bentuk business to business meeting serta working lunch tersebut diketahui terdapat kebutuhan-kebutuhan BUMN maupun perusahaan swasta nasional untuk mengembangkan bisnisnya melalui kerjasama dengan Indonesia Integrated.

Beberapa rencana kerjasama juga mengemuka, antara lain rencana perusahaan swasta nasional dengan anggota Indonesia Integrated untuk membangun sekolah penerbang serta pembangunan sistem perawatan, reparasi dan overhaul untuk pesawat-pesawat kecil.

Di samping itu juga rencana konsultansi teknis serta pembukaan pasar bagi produk-produk informasi dan teknologi Indonesia di Eropa.

Kementerian BUMN menyambut baik inisiatif tersebut serta menyampaikan dukungan kepada Indonesia Integrated dan perusahaan swasta Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya bersama Indonesia Integrated.

Diharapkan kerjasama-kerjasama tersebut akan dapat direalisasikan dalam waktu tidak terlalu lama.

Hadir dalam roadshow tersebut Duta Besar RI untuk Kerajaan Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno, staf ahli Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol serta Direksi beberapa BUMN (PT. Telkom, PT. Angkasa Pura II, Bio Farma, Kimia Farma).

Selain itu juga ada 45 perwakilan dari BUMN lainnya (PT. INTI, PGN, LEN, Garuda Indonesia, PT. Pelindo, PT. Rukindo dan PT. PAL), BPPT, sejumlah perusahaan swasta nasional dan Usaha Kecil dan Menengah seperti Abyor International, PT. Gamatechno Internasional, PT. Lima Bintang Jaya Abadi, PT. Jogja Global Technology, PT. Gama Multi Usaha Mandiri dan Bandung Techno Park. (es/es)

Sumber Link 


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment